Saturday 9 February 2013

Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Ini tips-tips agar laptop tidak cepat panas :

1. Bersihkan kipas heatsink laptop dari debu

Biasanya laptop yang sudah lama dipakai banyak terkena debu, maka debu akan menumpuk di kipas & heatsink. Debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar, sehingga menyebabkan cpu cepat panas.

2. Undervolting

Undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke cpu dengan menggunakan software. Tidak semua prosesor memiliki toleransi voltase yang sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda tiap jenisnya. Pada umumnya voltase standard pabrik memiliki voltase sangat tinggi sehingga secara otomatis menambah tinggi temperatur pada cpu. Undervolting mencoba membantu mengatur voltase ke voltase stabil yang paling rendah.

3. Suhu Ruangan

Suhu ruangan sangat berpengaruh terhadap panas laptop. Pada umumnya suhu ruangan yang begitu panas juga memacu suhu pada laptop untuk menjadi lebih panas, jadi alangkah baiknya ketika menggunakan laptop jangan berada diruangan yang memiliki suhu ruangan terlalu tinggi/panas.
4. Ganti Thermal Paste CPU

Pada umumnya thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, tetapi membuat transfer panas dari cpu ke heatsink menjadi lebih bagus.

5. Gunakan Cooling Pad

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan, tetapi pemakaian cooling pad kurang berpengaruh untuk membuat laptop tidak cepat panas. Cooling pad pada umunya hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C saja.
Sumber : http://galedeg.blogspot.com/2012/12/tips-dan-solusi-agar-laptop-tidak-cepat.html

4 comments: